MENGGUNAKAN POLA
BARISAN MELALUI LONCAT KATAK
Pada Materi barisan geometri kelas xi
wajib k-13 semseter 1 terdapat kompetensi dasar pada 3.6 menggeneralisasi pola
bilangan dan jumlah pada barisan aritmatika dan geometri. Melalui pembelajaran
materi barisan, siswa memperoleh pengalaman belajar menemukan konsep pola
barisan pada permainan loncat katak.
Berikut langkah inti kegiatan belajar
dikelas pada materi menemukan konsep pola barisan pada permainan loncat katak
3. Membacakan petunjuk permainan loncat
katak
6. Laporan permainan loncat katak
7. Presentasi kelompok
8.
Aturan
permainan:
Pindahkan katak kelompok hitam ke katak kelompok hijau (posisi
awal: kedua kelompok ipisahkan oleh
sebuah lubang yang terletak di tengah dan masingmasing kelompok berdiri berjajar)
dengan aturan:
- Setiap
kali melangkah hanya boleh mengangkat satu katak
- Dalam
melangkah bila terjadi lompatan hanya boleh diijinkan melompati satu katak berlainan warna, bila tidak ada katak yang dilompati
maka katak yang dipegang hanya diijinkan digeser satu langkah.
- Tidak
diperbolehkan melangkah mundur
Petunjuk kerja:
Untuk percobaan menggunakan satu pasang katak:
1. Langkah pertama misal memegang katak hijau paling depan
dengan melangkah satu geseran.
2. Gerakkan katak hitam satu langkah melompati katak hijau
tadi.
3. Kemudian geser katak hijau ke depan.
Untuk percobaan menggunakan lebih dari satu pasang katak :
1. Langkah pertama misal memegang katak hijau paling depan
dengan melangkah satu geseran.
2. Gerakkan katak hitam satu langkah melompati katak hijau
yang pertama digerakkan.
3. Gerakkan katak hitam berikutnya dengan melangkah satu
geseran.
4. Kemudian katak hijau yang terdepan
digerakkan melompati katak di depannya,
lalu katak hijau berikutnya, demikian seterusnya untuk langkah-langkah
berikutnya.
Dari percobaan akan dicari banyaknya langkah untuk memindahkan n
pasang katak, dengan banyaknya (total)
langkah adalah banyaknya perpindahan minimal.
Banyaknya langkah pemindahan tergantung banyaknya pasang katak dan
akan membentuk pola bilangan.
Kunci : Setiap katak yang
akan kita gerakkan jangan sampai 2 katak yang satu warna itu terletak berjajar
sebelum sampai ke tujuan.
Lakukan permainan loncat katak dengan mengisi tabel untuk kegiatan
berikut:
Data hasil percobaan loncat katak
Banyak pasangan katak
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Banyak loncatan
|
1
|
||||
Banyak geseran
|
2
|
||||
Total langkah
|
Dari tabel di atas kemudian mencari rumus dalam menentukan total langkah perpindahan
untuk n pasang katak.
Jawab : n2 + 2n
Sumber modul pengembanga keproesian berkelanjutan
guru matematika SMA