Langsung ke konten utama

soal matematika untuk lomba cerdas tepat tingkat SMA

    Jawablah Pertanyaan Berikut Dengan Benar dan Tepat!
            1.    Sederhanakan bentuk dari :
Jawab : = (x2.5y3.5) : (x3y2.3)
                =  (x10y15) : (x3y6)
                =  x103y156 
                        = x7y9    
   

2..  Nyatakan perpangkatan dari 23 = 8 kedalam bentuk logaritma
3    Tentukan hasil dari 33log 5   
                        Jawab . Dengan sifat logaritma  maka 33log 5 = 5   
                  4. .  Tentukan penyelesaian persamaan-persamaan dari 2x2 + 3x = 0
                 jawab  
2                x2 + 3x = 0 ↔ x(2x + 3) = 0
x = 0 atau (2x + 3) = 0
x1 = 0 atau 2x2 =
x1 = 0 atau x2 =  -3/2

5.  Tentukan nilai  akar-akar persamaan dari  persamaan x2 + x 6 = 0
                  6. Tentukan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan 2x2 + 6x + 7 = 0
                  7.    Diketahui x1 dan x2 akar-akar persamaan kuadrat x2 3x + 5 = 0. Tentukan persamaan                         kuadrat yang akar-akarnya 2x1 dan 2x2.        
                 8   Tentukan nilai ekstrim dari y = x2 + 6x + 3  
                 9.   Tentukan nilai x dan y yang memenuhi sistem persamaan berikut menggunakan metode                         substitusi      x 4y = 13
2x + 3y = 7
1                 10.   Tentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan , untuk x ϵ R, dari  



1          11.   Tentukan penyelesaian pertidaksamaan x2 7x + 10 > 0.
12.   Tentukan negasi dari :  Jika Ali pergi maka Tuti menangis
13.   Diketahui segitiga ABC yang siku-siku di C seperti tergambar di bawah ini.  Panjang AB = 5cm, AC = 3 cm, dan BC = 4 cm. Tentukan nilai sin B, cos B, dan tan B!
14.   Tentukan nilai dari  sin 120°
1          15.   Diketahui segitiga ABC dengan sisi AC = 4 cm, AB = 6 cm, dan sudut A = 30o. Tentukan luas  segitiga tersebut!
16.   Misalkan nilai ulangan untuk bab statistika adalah sebagai berikut 5, 7, 8, 6, 9, 8, 6, 7. Tentukan rataan dari data tersebut.
17.   Tentukan simpangan baku dari data  2,   4,   5,   8,   11.
18.   Ali mempunyai 4 baju dan 3 celana. Berapa cara Ali dapat memakai baju dan celana? 
19.   Tentukan nilai p jika x 2 merupakan faktor dari x3 + px2 5x + 6.
20.   Diketahui f(x) = x2 + 2x dan g(x) = 3x + 5. Tentukan rumus untuk fungsi (f +  g)(x)



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang