Kisi kisi materi olimpiade guru nasional terdiri dari logika, aljabar, geometri, trigonometri, kalkulus dan statistik
Kompetensi Cakupan Materi Penilaian
Pelajaran
Matematika
1. Logika meliputi pernyataan dalam matematika dan ingkarannya,
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, nilai kebenaran suatu
pernyataan, pernyataan yang setara, serta prinsip logika matematika
dalam penarikan kesimpulan, metoda pembuktian dan
penggunaannyadalam pemecahan masalah.
2. Aljabar meliputi bilangan, bentuk akar, eksponen, logaritma, bentuk
kuadrat, nilai mutlak, bentuk rasional, persamaan dan pertaksamaan
berbagai bentuk aljabar, sistem persamaan berbagai bentuk aljabar, suku
banyak, program linear, matriks (operasi matriks, determinan matriks,
invers matriks, matriks transformasi geometri), vektor, barisan dan deret
(pola bilangan, notasi sigma, barisan dan deret aritmetika berhingga
maupun tak berhingga, barisan dan deret geometri berhingga maupun
tak berhingga, bunga dan anuitas), serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
3. Geometri meliputi luas daerah bidang datar, volume bangun ruang, jarak
dua buah titik, jarak titik ke garis, jarak titik ke bidang, sudut antara dua
buah garis, sudut antara garis dan bidang, sudut antara dua bidang, sifatsifat garis sejajar dan berpotongan, irisan kerucut, persamaan lingkaran
dan persamaan garis singgungnya,
4. Trigonometri meliputi konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan
identitas trigonometri, pertidaksamaan trigonometri, aturan sinus dan
aturan kosinus, sinus dan kosinus dari jumlah dan selisih dua sudut,
jumlah dan selisih sinus dan kosinus, serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
5. Kalkulus meliputi fungsi, fungsi komposisi dan fungsi invers
(pengertian, domain, dan range), limit fungsi aljabar dan fungsi, trigonometri, kekontinuan fungsi, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral
tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, luas daerah,
volume benda putar, serta penerapannya dalam pemecahan masalah.
6. Statistik meliputi pemahaman dan aplikasi penyajian data dalam bentuk
tabel, diagram, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran
penyebaran, kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi, ruang sampel
dan peluang kejadian, peluang bersyarat, serta penerapannya dalam
pemecahan masalah.
7. Kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif dalam
rekreasi dan aplikasi matematika.
https://kesharlindungdikmen.id/blog/surat-edaran-dan-pedoman-ogn-2018.wh
Kompetensi Cakupan Materi Penilaian
Pelajaran
Matematika
1. Logika meliputi pernyataan dalam matematika dan ingkarannya,
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, nilai kebenaran suatu
pernyataan, pernyataan yang setara, serta prinsip logika matematika
dalam penarikan kesimpulan, metoda pembuktian dan
penggunaannyadalam pemecahan masalah.
2. Aljabar meliputi bilangan, bentuk akar, eksponen, logaritma, bentuk
kuadrat, nilai mutlak, bentuk rasional, persamaan dan pertaksamaan
berbagai bentuk aljabar, sistem persamaan berbagai bentuk aljabar, suku
banyak, program linear, matriks (operasi matriks, determinan matriks,
invers matriks, matriks transformasi geometri), vektor, barisan dan deret
(pola bilangan, notasi sigma, barisan dan deret aritmetika berhingga
maupun tak berhingga, barisan dan deret geometri berhingga maupun
tak berhingga, bunga dan anuitas), serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
3. Geometri meliputi luas daerah bidang datar, volume bangun ruang, jarak
dua buah titik, jarak titik ke garis, jarak titik ke bidang, sudut antara dua
buah garis, sudut antara garis dan bidang, sudut antara dua bidang, sifatsifat garis sejajar dan berpotongan, irisan kerucut, persamaan lingkaran
dan persamaan garis singgungnya,
4. Trigonometri meliputi konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan
identitas trigonometri, pertidaksamaan trigonometri, aturan sinus dan
aturan kosinus, sinus dan kosinus dari jumlah dan selisih dua sudut,
jumlah dan selisih sinus dan kosinus, serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
5. Kalkulus meliputi fungsi, fungsi komposisi dan fungsi invers
(pengertian, domain, dan range), limit fungsi aljabar dan fungsi, trigonometri, kekontinuan fungsi, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral
tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, luas daerah,
volume benda putar, serta penerapannya dalam pemecahan masalah.
6. Statistik meliputi pemahaman dan aplikasi penyajian data dalam bentuk
tabel, diagram, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran
penyebaran, kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi, ruang sampel
dan peluang kejadian, peluang bersyarat, serta penerapannya dalam
pemecahan masalah.
7. Kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif dalam
rekreasi dan aplikasi matematika.
https://kesharlindungdikmen.id/blog/surat-edaran-dan-pedoman-ogn-2018.wh