Langsung ke konten utama

Cara menentukan persamaan fungsi dari grafik trigonometri kelas xi minat SMA

Pada halaman ini kita akan membahas tentang grafik trigonometri, Apabila diketahui grafik trigonometri, tentukan persamaan fungsi trigonometri tersebut. Sederhananya katakanlah 'bagaimana cara menentukan persamaan fungsi dari grafik trigonometri. Mengingatkan, Bentuk umum fungsi trigonometri sebagai berikut, i)f(x)=asin(kx±b)±c periode =2πkamplitudo =|a|ii)f(x)=acos(kx±b)±c periode =2πkamplitudo =|a|iii)f(x)=atan(kx±b)±c periode =πki)f(x)=asin⁡(kx±b)±c periode =2πkamplitudo =|a|ii)f(x)=acos⁡(kx±b)±c periode =2πkamplitudo =|a|iii)f(x)=atan⁡(kx±b)±c periode =πk Atau y= a[Trigono](kx+b)+C a= amplitudo/simpangan terjauh k= konstanta b= pergeseran grafik secara horizontal / geser kanan (-) geser kiri (+) C= pergeseran grafik secara vertikal/dari garis normal (sumbu x)/ geser atas bawah Agar bisa dengan mudah menentukan persamaan jika diketahui grafik trigonometri maka, anda harus menemukan nilai nilai di atas. Untuk menentukan trigonometri yang digunakan, apakah sin, cos atau tangen anda harus kenal dengan bentuk dasar grafik trigonometri sin x, cos x, tan x. Berikut gambar dasar grafik trigonometri tersebut. Mari kita lihat penerapannya dalam contoh soal dan pembahasan mencari persamaan grafik fungsi trigonometri, jika diketahui gambar grafik di bawah ini. 1. Persamaan fungsi trigonometri dari gambar grafik di bawah ini adalah... Pembahasan: Langkah 1: Perhatikan garis normal. Garis normal masih di sumbu x - artinya C= 0 Langkah 2: Kita asumsikan ini grafik cos. Langkah 3: Amplitudo, jarak antara garis normal sampai titik tertinggi. Di sini bisa anda lihat jaraknya 3 Langkah 4: Perhatikan gambar, di atas. antara π4π4 dengan 3π43π4 adalah 3434 gelombang. Bisa ditulis: 3π4−π4=34gelombang3π4−π4=34gelombang 2π4=34gelombang2π4=34gelombang untuk 1 gelombang maka nilainya 2π32π3 anda bisa gunakan perbandingan menghitung ini. k =2πPeriode2πPeriode, dimana periode adalah panjang 1 gelombang. pada grafik di atas, untuk satu gelombang 2π32π3. Artinya k =2π2π32π2π3 = 3. Langkah 5: Untuk grafik cosinus yang kita asumsikan pada langkah 2, seharusnya dimulai dari titik puncak pada saat x=0. Namun pada gambar yang ada, nilai 1 ada pada π4π4, yang digeser ke kanan. Artinya nilai b = −π4−π4 (*geser kanan - ; geser kiri +) Jadi dari bentuk umum: y= a[Trigono](kx+b)+C y=3.cos(3x−π4)+0 Y=3.cos(3x−π4) 2.

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang