Langsung ke konten utama

Soal dan pembahasan biologi SMA kelas xi semester ganjil



Soal dan Pembahasan Bab 1 Sel 

#Soal 1 
Bagian-bagian sel berikut ini terdapat di luar nukleus,kecuali ....
a. kloroplas
b. badan Golgi
c. ribosom
d. kromosom
e. plastida

Pembahasan:
Kromosom merupakan struktur pembawa sifat keturunan (gen) yang terdapat di dalam
nukleus (inti sel) dan tampak jelas saat mitosis.
Jawaban: d


#Soal 2
Di dalam sel, sintesis karbohidrat berlangsung di ....
a. mitokondria
b. kromatin
c. plastida
d. nukleus
e. badan Golgi

Pembahasan:
Di dalam plastida tanaman yang berklorofl dapat terjadi proses fotosintesis yang
menghasilkan karbohidrat (amilum).
Jawaban: c

#Soal 3
Bagian-bagian sel berikut ini terdapat dalamsitoplasma, kecuali ....
a. mitokondria
b. kromatin
c. lisosom
d. plastida
e. ribosom

Pembahasan:
Kromatin terdapat di dalam inti sel (nukleus), yang tampak jelas pada saat sel akan
membelah diri.
Jawaban: b

#Soal 4
Organel sel yang berfungsi untuk membunuh kuman penyakit yang masuk adalah ....
a. ribosom
b. sentrosom
c. lisosom
d. badan Golgi
e. mitokondria

Pembahasan:
Lisosom merupakan organel sel yang berfungsi untuk membunuh kuman penyakit yang
masuk dengan cara melisiskan (menghancurkan).
Jawaban: c

#Soal 5
Organel sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan adalah ....
a. benang-benang kromatin
b. selaput plasma
c. dinding sel
d. vakuola
e. nukleus

Pembahasan:
Organel sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan adalah dinding sel. Pada sel hewan
hanya dibatasi membran sel.
Jawaban: c
 
#Soal 1
 tiga komponen kimiawi sel!

Pembahasan:
Komponen kimiawi sel terbagi menjadi
- bahan anorganik: air, garam-garam mineral, dan gas-gas;
- bahan organik: karbohidrat, lemak, dan protein.

#Soal 2
Sebutkan empat ciri-ciri sel hewan!

Pembahasan:
Ciri-ciri sel hewan, antara lain
- tidak memiliki dinding sel,
- tidak memiliki plastida,
- memiliki sentriol dan sentrosom,
- vakuola berukuran kecil dan tidak permanen, serta
- memiliki lisosom. 

#Soal 3
Mengapa lisosom disebut alat pertahanan sel?
Pembahasan:
Di dalam lisosom terdapat enzim-enzim hidrolitik yangmampu mencerna bakteri yang
difagosit oleh sel.

 

#Soal 4
Jelaskan perbedaan antara endositosis dan eksositosis!
Pembahasan:
Endositosis adalah proses pemasukan zat atau molekul dari luar sel ke dalam sel melalui
pembungkusan oleh membran sel.
Eksositosis adalah kebalikan endositosis, yaitu proses pengeluaran partikel dari dalam
sel. 

#Soal 5
Jelaskan mekanisme difusi dan berikan contohnya!
Pembahasan:
Difusi terjadi apabila zat-zat terlarut dalam suatu larutan berkonsentrasi tinggi berpindah ke larutan berkonsentrasi rendah. Contohnya, menyebarnya molekul-molekul tinta pada saat tinta diteteskan padaair jernih dalam sebuah gelas .


Soal dan Pembahasan Bab 2 Jaringan Tumbuhan -

#Soal 1
Seorang siswa SMA mengamati irisan akar bawang merah di bawah mikroskop. Untuk
memahami bentuk-bentuk yang teramati pada sediaan itu, ia perlu mempelajari ....
a. fsiologi
b. sitologi
c. histologi
d. morfologi
e. embriologi

Pembahasan:
Ilmu untuk mempelajari struktur jaringan mahkluk hidup di bawah mikroskop disebut
histologi.
Jawaban: c

#Soal 2
Akar cabang pada tumbuhan dikotil muda tumbuh dari daerah ....
a. perisikel
b. endodermis
c. sel-sel meristematik protodermis
d. kambium vaskuler
e. korteks akar

Pembahasan:
Berdasarkan asal pertumbuhannya, akar berbeda dari batang. Pertumbuhan akar
bersifat endogen. Artinya, cabang lateral tumbuh dari jaringan perisikel yang berada
di sekeliling endodermis. Adapun batang bersifat eksogen karena tumbuh di bagian
sekitar kulit batang.
Jawaban: a

#Soal 3
Berikut ini ciri-ciri anatomi batang:
1. di antara berkas-berkas xilem dan floem terdapat kambium;
2. tipe berkas pembuluh kolateral terbuka;
3. struktur batang yang muda dan tua sama;
4. pada epidermis batang terdapat kambium gabus.
Yang merupakan ciri-ciri batang tumbuhan monokotil adalah nomor ....
a. 3 dan 4
b. 2 dan 3
c. 1 dan 2
d. 1 dan 4
e. 2 dan 4

Pembahasan:
Yang merupakan ciri-ciri tumbuhan monokotil adalah:
1. batang beruas/berbulu;
2. umumnya batang tidak bercabang;
3. tidak memiliki kambium;
4. berkas pembuluh bertipe kolateral tertutup;
5. tulang daun sejajar;
6. pada epidermis batang terdapat kambium gabus.
Jawaban: a

#Soal 4

Perhatikan gambar berikut.



Bagian batang yang bertanda X dan Y berfungsi untuk ....
a. membentuk kulit kayu dan jaringan kayu
b. tempat terjadinya pertukaran gas dan pertumbuhan batang
c. menyimpan cadangan makanan dan pengangkutan mineral
d. mengangkut air, garam mineral, dan untuk pertumbuhan primer
e. mengangkut hasil fotosintesis dan untuk pertumbuhan sekunder

Pembahasan:
X adalah floem yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh
tubuh tumbuhan. Y adalah kambium sebagai jaringan meristem yang merupakan titik
tumbuh sekunder sehingga berfungsi untuk pertumbuhan sekunder.
Jawaban: e

#Soal 5
Jaringan bunga karang berfungsi untuk ....
a. melindungi bagian daun yang lain
b. menyimpan air untuk fotosintesis
c. menampung CO2 untuk fotosintesis
d. tempat berlangsung pertukaran gas
e. menampung O2 untuk pernapasan

Pembahasan:
Jaringan bunga karang berfungsi untuk:
1. untuk fotosintesis karena mengandung klorofl
2. menyimpan CO2 untuk fotosintesis
Jawaban: c


Soal dan Pembahasan Bab 3 Jaringan Hewan - Biologi SMA 2

#Soal 1
Jaringan epitel yang melapisi bagian dalam saluranpencernaan makanan adalah ....
a. jaringan epitel pipih berlapis tunggal
b. jaringan epitel pipih berlapis banyak
c. jaringan epitel silindris berlapis tunggal
d. jaringan epitel kubus berlapis banyak
e. jaringan epitel bersilia berlapis banyak

Pembahasan:
Jaringan epitel yang melapisi bagian dalam saluran pencernaan makanan berbentuk silindris berlapis tunggal.
Jawaban: c

#Soal 2
Berikut adalah beberapa nama jaringan pada hewan.
1) Otot lurik
2) Otot polos
3) Otot jantung
4) Epitel kubus berlapis banyak
5) Epitel silindris
Jaringan yang menyusun usus halus adalah ….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 2 dan 3
e. 2 dan 4

Pembahasan:
Yang menyusun usus halus adalah jaringan otot polos dan epitel silindris.
Jawaban: e


#Soal 3
Jantung disebut organ tubuh karena ….
a. tersusun atas sel-sel otot jantung
b. bekerja di luar kesadaran
c. berfungsi memompa darah
d. tersusun atas bermacam-macam jaringan
e. dindingnya terdiri atas tiga lapisan

Pembahasan:
Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang melakukan fungsi yang sama.
Jawaban: d

 

#Soal 4
Ditemukan jaringan dengan ciri-ciri sebagai berikut:
- berbentuk pipih, kubus, dan silindris;
- terletak pada permukaan organ;
- berfungsi untuk proteksi dan sekresi.

Jaringan yang dimaksud adalah jaringan….
a. saraf
b. epitel
c. otot
d. lemak
e. ikat

Pembahasan:
Berbentuk pipih, kubus, atau silindris dan terletak pada permukaan tubuh, berfungsi sebagai pelindung (proteksi), sekresi, dan penerima rangsang merupakan ciri-ciri jaringan
epitel.
Jawaban: b


#Soal 5
Berikut ini adalah organ-organ yang terdapat pada manusia:
1. kulit
2. jantung
3. usus
4. ginjal
5. hati
6. hidung
7. paru-paru
Organ-organ yang menyusun sistem ekskresi adalah ….
a. 1-2-3-4
b. 4-5-6-7
c. 3-4-5-6
d. 1-3-4-5
e. 1-4-5-7

Pembahasan:
Sistem ekskresi adalah sistem organ yang berfungsi mengeluarkan sisa-sisa metabolisme dari dalam tubuh.
Jawaban: e

Soal dan Pembahasan Bab 4 Sistem Gerak 

#Soal 1
Otot yang bekerja antagonis adalah ….
a. otot ekstensor dan otot elevator
b. otot depresor dan otot abduktor
c. otot elevator dan otot abduktor
d. otot fleksor dan otot ekstensor
e. otot adduktor dan otot elevator

Pembahasan:
Otot yang bekerja secara antagonis berarti cara kerjanya berlawanan.
Jawaban: d

#Soal 2
Taufk Hidayat, seorang pemain bulu tangkis bertaraf internasional dari Indonesia, pernah mengalami dislokasi pada persendian kakinya. Yang dimaksud dengan dislokasi adalah ….
a. peradangan pada sendi sehingga rongga sendi kering karena kekurangan minyak sendi
b. gangguan karena gerakan tiba-tiba sehingga ligamen tertarik tetapi sendinya tidak bergeser
c. pergeseran sendi dari kedudukan semula karena ligamen tertarik atau sobek
d. persendian tidak dapat digerakkan lagi karena tulangnya menyatu
e. peradangan satu atau beberapa sendi disertai dengan rasa sakit atau kadang posisi tulang mengalami perubahan

Pembahasan:
Dislokasi adalah gangguan tulang di daerah persendian yang disebabkan oleh pergeseran sendi dari kedudukan semula karena ligamennya tertarik atau sobek.
Jawaban: c

#Soal 3
Tulang lengan dan kaki merupakan bagian dari ….
a. gelang panggul
b. skeleton apendikuler
c. skeleton aksial
d. gelang bahu
e. tengkorak

Pembahasan:
Tulang lengan dan kaki merupakan tulang-tulang anggota gerak yang tergabung dalam skeleton apendikuler.
Jawaban: b


#Soal 4
Tulang rawan dapat berubah menjadi tulang sejati jika mengalami ….
a. lignifkasi
b. osifkasi
c. tonus
d. relaksasi
e. kontraksi

Pembahasan:
Osifkasi adalah proses penulangan atau pembentukan tulang sejati.
Jawaban: b

 
#Soal 5
Bagian persambungan tulang dapat bergerak leluasa karena adanya ….
a. tulang rawan
b. minyak sinovial
c. penebalan sendi
d. ligamen
e. tulang keras

Pembahasan:
Minyak sinovial atau minyak sendi berfungsi melumasi ujung-ujung tulang pada persendian sehingga dapat bergerak leluasa.
Jawaban: b

 
#Soal 1
Sebutkan macam-macam fungsi tulang!

Pembahasan:
Fungsi tulang:
- menopang dan menyokong tubuh;
- memungkinkan manusia dapat berdiri tegak;
- memberi bentuk tubuh;
- sebagai tempat melekatnya otot rangka;
- melindungi organ-organ tubuh yang lunak dan vital, misalnya otak serta jantung;
- sebagai tempat penimbunan zat-zat mineral;
- sebagai tempat pembentukan sel-sel darah merah.


#Soal 2
Sebutkan macam tulang berdasarkan bentuknya!

Pembahasan:
Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek.

 

#Soal 3
Sebutkan ciri-ciri persendian sinartrosis!

Pembahasan:
Pada persendian sinartrosis hubungan antartulang yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan.

 

#Soal 4
Apakah yang dimaksud dengan
a. ventrikel,
b. tendon,
c. origo, dan
d. insersio?

Pembahasan:
a. Ventrikel (empal) adalah bagian otot menggembung.
b. Tendon adalah bagian ujung otot yang mengecil.
c. Origo adalah tendon yang melekat pada struktur yang tidak bergerak.
d. Insersio adalah tendon yang melekat pada struktur yang bergerak.

 

#Soal 5
Sebutkan tiga penyakit pada sistem gerak yang disebabkan oleh infeksi kuman.

Pembahasan:
Polio, tetanus, layuh semu.

Soal dan Pembahasan Bab 5 Sistem Peredaran 

#Soal 1
Penyakit anemia disebabkan oleh hal-hal berikut,kecuali ....
a. kekurangan zat besi
b. kekurangan eritrosit dalam darah
c. terkena penyakit malaria
d. adanya cacing tambang dalam darah
e. kekurangan unsur karbohidrat dalam makanannya

Pembahasan:
Anemia (rendahnya kadar hemoglobin dalam darah) dapar terjadi karena
a. kekurangan bahan pembentuk hemoglobin (protein dan zat besi);
b. kerusakan eritrosit karena parasit malaria;
c. perdarahan mendadak akibat kecelakaan atau karena perdarahan kronis karena infeksi cacing tambang.
Jawaban: e

 

#Soal 2
Di antara pernyataan-pernyataan berikut, yang benar adalah ....
a. sirkulasi darah dan limfa tidak berhubungan
b. pembuluh limfa tidak penting untuk peredaran zat-zat makanan
c. duktus totaksikus bermuara ke dalam aorta
d. kelenjar limfa merupakan tempat penyaringan kuman
e. limpa tidak termasuk sistem peredaran

Pembahasan:
Kelenjar limfa berhubungan dengan peredaran darah yang berfungsi antara lain sebagai tempat penyaringan kuman.
Jawaban: d


#Soal 3
Berkurangnya elastisitas pembuluh nadi karena adanya endapan senyawa lemak dinamakan ....
a. trombus
b. varises
c. aterosklerosis
d. leukemia
e. arteriosklerosis

Pembahasan:
Aterosklerosis adalah pengerasan pembuluh darah karena adanya endapan senyawa lemak.
Jawaban: c

 

#Soal 4
Berikut adalah nama beberapa penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.
1. Varises
2. Emfsema
3. Sklerosis
4. Skoliosis
5. Artritis
Yang merupakan penyakit atau gangguan pada sistemperedaran darah adalah ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 4 dan 5

Pembahasan:
Varises dan sklerosis merupakan penyakit atau gangguan pada sistem peredaran darah.
Emfsema adalah penyakit atau gangguan pada sistem pernapasan.
Skoliosis dan artritis merupakan penyakit atau gangguan pada sistem gerak.
Jawaban: b

 


#Soal 5
 ini yang merupakan ciri-ciri eritrosit adalah ....
a. berbentuk bikonkaf
b. memiliki granula
c. memiliki inti
d. berfungsi melawan kuman
e. bersifat ameboid

Pembahasan:
Eritrosit memiliki ciri-ciri, antara lain tidak berinti, berbentuk bikonkaf, berfungsi untuk mengangkut oksigen dan sebagian karbon dioksida, mengandung hemoglobin, dan tidak bergranula.
Jawaban: a

 Soal dan Pembahasan Bab 6 Sistem Pencernaan 

#Soal 1
Di antara zat-zat makanan berikut, yang penyerapannya dalam usus halus dilakukan oleh pembuluh getah bening adalah ....
a. asam amino
b. emulsi lemak
c. glukosa
d. vitamin
e. fruktosa

Pembahasan:
Setelah mengalami pencernaan di usus halus, terjadi pengangkutan zat-zat makanan melalui:
- pembuluh getah bening (limfa) terhadap emulsi lemak;
- pembuluh darah terhadap asam amino dan glukosa.
Jawaban: b

#Soal 2
Berikut ini fungsi hati yang berkaitan dengan fungsi pencernaan makanan adalah ....
a. menetralkan racun
b. menghasilkan empedu
c. menghasilkan sel darah
d. menyimpan zat-zat makanan
e. menghancurkan eritrosit tua

Pembahasan:
Fungsi hati yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah sekresi garam empedu.
Garam empedu berfungsi menurunkan tegangan permukaan lemak sehingga mudah dicerna dan membantu absorpsi asam lemak, monogliserida, kolesterol, dan lemak lainnya.
Jawaban: b



#Soal 3
Apabila feses sangat lambat didorong keluar dan air banyak diserap, feses menjadi keras. Hal itu disebut ....
a. diare
b. kolik
c. apendisitis
d. konstipasi
e. defekasi

Pembahasan:
Konstipasi terjadi karena feses yang sangat lambat didorong keluar sehingga air banyak diserap, yang menyebabkan feses menjadi keras.
Jawaban: d

 

#Soal 4
Buah tomat banyak mengandung vitamin A dan C yang berfungsi untuk ....
a. mempercepat pembekuan darah jika terjadi luka
b. mencegah infeksi dan menjaga kesehatan tulang
c. membentuk sel-sel darah merah dan mencegah infeksi
d. memelihara kesehatan mata dan kulit serta mencegah infeksi
e. memelihara kesehatan mata dan membentuk sel-sel darah merah serta sel-sel tulang

Pembahasan:
Vitamin A dan C berfungsi untuk memelihara kesehatan mata dan kulit serta mencegah infeksi.
Jawaban: d

#Soal 5
Proses pencernaan yang terjadi di mulut berlangsung secara mekanis dan kimiawi dengan enzim sebagai katalisatornya. Zat yang diubah di dalam mulut dengan bantuan enzim adalah ....
a. protein
b. lemak
c. karbohidrat
d. mineral
e. vitamin

Pembahasan:
Di dalam mulut terdapat ezim amilase (ptialin) yang berfungsi memecah senyawa karbohidrat (amilum) menjadi glukosa.
Jawaban: c
Essay
#Soal 1
Organ-organ apa sajakah yang termasuk sistem pencernaan?

Pembahasan:
Sistem pencernaan tersusun atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus. Kelenjar pencernaan meliputi kelenjar di saluran pencernaan dan kelenjar aksesoris di luar saluran pencernaan, yaitu kelenjar saliva, pankreas, hati, dan kantong empedu.

#Soal 2
Sebutkan jenis-jenis gigi pada manusia beserta fungsinya!

Pembahasan:
Gigi manusia terdiri atas
- gigi seri, untuk memotong makanan;
- gigi taring, untuk merobek dan mencabik makanan;
- gigi geraham, untuk mengunyah makanan.

 

#Soal 3
Apakah fungsi lidah dalam sistem pencernaan?

Pembahasan:
Lidah berfungsi untuk mengecap rasa makanan, untuk mencampur makanan yang sedang dikunyah, serta untuk membantu proses penelanan.


#Soal 4
Sebutkan penggolongan karbohidrat berdasarkan komponen penyusunnya!

Pembahasan:
Berdasarkan komponen penyusunnya, karbohidrat dibagi menjadi tiga golongan, yaitu
- monosakarida (satu gugus gula), contohnya glukosa, fruktosa, dan galaktosa;
- disakarida (dua gugus gula), contohnya maltosa, sukrosa, dan laktosa;
- polisakarida (banyak gugus gula), contohnya amilum dan glikogen.

#Soal 5
Apakah yang dimaksud dengan lemak jenuh dan lemak tak jenuh?
Pembahasan:
- lemak jenuh (tidak memiliki ikatan rangkap pada rantai karbon asam lemaknya),
dan
- lemak tidak jenuh (memiliki ikatan rangkap pada rantai karbon asam lemaknya).






Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang