Langsung ke konten utama

Urutan materi matematika SMA kurikulum 2013

Urutan materi yang dipelajari di SMA untuk kurikulum 2013 rev (sesuai permen no 24 tahun 2016):

--------------------

*KELAS X*

*Matematika Wajib*
1. Persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel.
2. Persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel.
3. Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV).
4. Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel (Linear-kuadrat & Kuadrat-Kuadrat).
5. Fungsi (Linear, Kuadrat, Rasional) meliputi: domain, range, ekspresi simbolik dan sketsa grafik.
6. Komposisi fungsi dan fungsi invers.
7. Perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
8. Trigonometri sudut berelasi.
9. Aturan sinus & cosinus.
10. Fungsi trigonometri.

*Matematika Peminatan*
1. Fungsi Eksponen.
2. Fungsi Logaritma.
3. Vektor.

--------------------

*KELAS XI*

*Matematika Wajib*
1. Pembuktian barisan, ketidaksamaan dan keterbagian dengan induksi.
2. Program Linear.
3. Matriks operasi matriks. Meliputi: penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, perkalian matriks, & Tranpose matriks
4. Determinan dan invers matriks ordo 2x2 dan 3x3.
5. Tronsformasi geometri dan komposisi transformasi dengan matriks.
6. Barisan & Deret aritmetika dan geometri.
7. Limit fungsi aljabar (polinom dan rasional).
8. Turunan fungsi aljabar.
9. Aplikasi turunan (maksimum, minimum, fungsi naik, fungsi turun dan garis singgung).
10. Integral tak tentu fungsi aljabar.

*Matematika Peminatan*
1. Persamaan trigonometri
2. Jumlah dan selisih sinus dan cosinus.
3. Lingkaran.
4. Polinomial.

--------------------

*KELAS XII*

*Matematika Wajib*
1. Dimensi Tiga
2. Statistika (ukuran pemusatan dan penyebaran)
3. Aturan pencacahan
4. Peluang kejadian majemuk

*Matematika Peminatan*
1. Limit fungsi trigonometri
2. Limit tak hingga fungsi aljabar dan trigonometri
3. Turunan fungsi trigonometri
4. Penenrapan turunan fungsi trigonometri
5. Distribusi peluang binomial
6. Distribusi normal.

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang