Langsung ke konten utama

laporan kegiatan KSN - Kabupaten jenjang SMA

 berikut contoh laporan kegiatan KSN - Kabupaten 

 

 

LAPORAN KEGIATAN

KOMPETENSI SAINS NASONAL (KSN) TINGKAT PROVINSI LAMPUNG

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TRI SUKSES

TAHUN 2021

 

 

 

 

 

 

Daftar Isi

 

       KATA PENGANTAR                      ……………………………………………………….                                      i

A.     Latar Belakang     …………………………………………………………...                       1

B.    Tujuan  …………………………………………………………………...          2

C.    Waktu dan Tempat           ………………………………………………………          3                                                                                  

D.    Sumber Pendanaan           ………………………………………………………          4

E.    Pelaksana …………………………………………………………………          4

F.    Pelaksanaan ………..………………………………..……………………          4

G.   Penutup ………………………………………………………………….            5

     LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

            Maha suci Allah SWT penentu segala kejadian, yang telah mengantarkan kita untuk sampai pada laporan kegiatan ini. Berkat ridho Allah SWT dan berbagai pihak yang telah membantu mengarahkan dalam membuat laporan kegiatan Kompetensi Sains Nasional (KSN) tingkat Provinsi di SMA Tri Sukses.

Alhamdulillah pada tahap ini keluarga SMA Tri sukses dapat sampai pada tingkat Provinsi pada Kompetensi sains nasional tahun 2021, Banyak rangkaian proses yang harus dilewati dalam kegiatan ini, banyak dukungan dari orang-orang yang Allah hadirkan, Oleh karena itu layak dan seharusnya jika kami bersyukur pada mereka walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana yaitu berupa do’a dan ucapan terima kasih kepada semua rekan guru/ pembimbinbg yang telah membantu mengikuti kegiatan KSN tahun 2021.

 

 

 

 

      Natar, Sepetember  2021

Kepala sekolah SMA Tri Sukses

                                                                                        

 

 

 

 

 

 

A. Latar Belakang

Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Dan dilakukan secara rutin tiap tahunnya untuk dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains. dan juga ditujukan  untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional.

Pada tahun ini KSN-P tahun 2021 mengusung dengan tema "Sains Pulihkan Negeri" , dengan mencakup bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi.

SMA Tri Sukses Natar terdapat 3 siswa yang maju pada KSN tingkat provinsi yaitu

NO

NAMA SISWA

BIDANG KSN

PRESTASI

1

Abid Abdillah

Biologi

Juara Harapan

2

Fitria Erdayani

Astronomi

Peserta KSN- P 2021

3

Salsabila Puspita Ningrum

Kebumian

Juara 2 KSN Kab. lampung Selatan 2021

 

SMA Tri Sukses masuk provinsi Lampung pada olimpiade matematika {emas), Informatika (Emas) dan Geografi (Perunggu), prestasi yang sangat membanggakan ini kami berupaya untuk bisa meningkat ke tingkat Nasional.

Keikutsertaan dalam mengikuti Pelaksanaan Kompetensi sains Nasional (KSN)  TINGKAT PROVINSI secara berkelanjutan akan berdampak positif pada pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Pada gilirannya, siswa akan memiliki kesempatan mengembangkah seluruh aspek kepribadian dan kemampuannya melalui pembelajaran yang kreatif, efektif dan menyenangkan maka SMA Tri Sukses Berupaya untuk meregenerasi siswa berbakat bidang olimpiade dengan pembinaan dari sekolah.

 

                       

A.    Tujuan

 

Kompetensi sains Nasional (KSN)-  masih sangat perlu disosialisasikan kepada siswa, orangtua siswa, guru, pengawas, Dinas Pendidikan dan berbagai pihak yang terkait. Kenyataan yang ditemui di lapangan menunjukkan bahwa informasi tentang olimpiade masih sangat minim sehingga tujuan olimpiade yang intinya adalah penjaringan siswa yang berbakat masih belum dapat dilakukan secara optimal. 

SMA Tri Sukses Mengikutsertakan Kompetensi sains Nasional (KSN)  bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan Sains secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik melalui kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai-nilai sportivitas. Sedangkan tujuan khusus yang diharapkan dari pelaksanaan Kompetensi sains Nasional (KSN)  adalah:

1.   Menyediakan wahana bagi siswa SMA tri Sukses untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Sains sehingga dapat berkreasi serta melakukan inovasi sesuai kemampuannya.

2.   Memotivasi siswa SMA Tri Sukses agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga dapat memacu kemampuan berpikir nalar.

3.   Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan siswa SMA Tri Sukses.

4.   Meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreativitas serta menanamkan sikap disiplin dan kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

5.   Meningkatkan kecerdasan bangsa dan kesadaran ilmiah untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi masa yang akan datang. 

6.   Mempromosikan prestasi akademik SMA tri sukses pada masyarakat lingkungan sekolah dan tingkat kabupaten

 

B.    Peserta

Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Tri Sukses yang dipilih atau melalui seleksi oleh Pembina bidang semua guru mata pelajaran yang berada dilingkungan SMA Tri Sukses, yang terdiri dari mata pelajaran :

PESERTA SISWA KSN -P  SMA TRI SUKSES TAHUN AJARAN 2020/2021

NO

NAMA SISWA

BIDANG KSN

PRESTASI

1

Abid Abdillah

Biologi

Juara Harapan

2

Fitria Erdayani

Astronomi

Peserta KSN- P 2021

3

Salsabila Puspita Ningrum

Kebumian

Juara 2 KSN Kab. lampung Selatan 2021

Sumber :

 

 

Setiap bidang lomba berkoordinasi kepada Pembina langsung untuk pembinaan yang sudah disepakati Bersama.  

 

 

 

C.    Waktu dan Tempat

Kegiatan Kompetensi sains Nasional (KSN)  tingkat Kabupaten yang semula dilaksanakan 27-29 April 2021  di undur menjadi tanggal 2 Juni  sampai 4 Juni 2021

 



sumber : puspresnas 2021

 

pelaksanaan Kompetensi sains Nasional (KSN)  tingkat Kabupaten dilaksanakan secara mandiri  di SMA tri sukses. 

 

 

D.    Sumber Pendanaan

Sumber pendanaan kegiatan berasal dari bantuan pemerintah yang bersumber dari Dana Yayasan Nurul Huda Lampung ( terlampir )

 

E.    Pelaksanan Kegiatan

Dalam pelaksanaan KSN Tingkat Provinsi secara daring, siswa melakukan ujian melalui alamat URL https://ksn.puspresnas.id/. Pada hari pertama (13/9), bidang yang dilombakan adalah Kebumian dan Matematika. Hari Selasa dilombakan Astronomi dan Fisika, pada hari Rabu diujikan Geografi dan Informatika. Sedangkan hari Kamis diujikan Ekonomi, Biologi, dan Kimia.

 

Pelaksana kegiatan Kompetensi sains Nasional (KSN)  tingkat Kabupaten yaitu di laboratorium computer SMA Tri Sukses  pada Tanggal 3 - 4 Juni 2021  

secara umum pelaksana kegiatan Kompetensi sains Nasional (KSN) tingkat kabupaten  di SMA Tri Sukses berjalan dengan baik.

SMA Tri Sukses telah Di Verifikasi oleh pelaksana KSN-K Tahun 2021 pada tanggal 24 Maret 2021 untuk melaksanakan Kompetensi sains Nasional (KSN)  secara mandiri ( terlampir)

 

F.     Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan Kompetensi sains Nasional (KSN)  Tingkat kabupaten  di SMA Tri sukses  dilaksanakan 2 hari. Pelaksanaan kegiatan dimulai hari kamis dari pukul 07.00 – 11.00 WIb.  Berikut  Agenda  pelaksanan Kompetensi sains Nasional (KSN)  tingkat Kabupaten di SMA Tri Sukses Natar :


Sumber : surat keputusan puspresnas

 

 

Dari jumlah total peserta yang hadir pada tanggal 3-4 Juni 2021 yaitu 26 siswa pada 9 bidang  (Agenda kegiatan terlampir)

G.    Penutup

Harapan dari kegiatan KSN-P ini adalah sebagai ajang promosi sekolah dalam mengunggulkan prestasi dibidang akademik.

Sebagai penutup, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam kegiatan ini, semoga Allah SWT. Memberikan balasan yang jauh lebih baik dari apa yang telah diamalkan dalam kegiatan ini

Natar,  September  2021

Kepala SMA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Agenda  Kegiatan KSN-Provinsi Lampung Di SMA 2 Kalianda

No

Hari

Agenda

1

Senin, 13 September 2021

 

 

Agenda : foto untuk id card, breafing dan belajar intensif

Waktu.  : 08.00 - 12.00

Tempat  : diLab fisika

Hadir : Seluruh peserta dan pembina

 

Kendala :

- beberapa peserta foto TDK sesuai seragam

-  perpustakaan tidak buka, sehingga kurangnya buku referensi

2

selasa,14 September  2021

 

 

 

Agenda : simulasi KSN

Waktu   :08.00 - 11.00

Tempat : lab.kom 2

Peserta:  22 siswa mengikuti simulasi,4 siswa tidak hadir

 

Kendala :

- Beberapa siswa ada  yang terlambat karena tidak update informasi dan perjalanan

- pembagian Snack untuk peserta dan panitia  ( TDK ada hasil rapat)

- di ruang labkom, tidak menyediakan kertas buram ( tadi udah Ama Bu @Rahma Ts ),kursi meja hanya untuk teknisi ( belum ada meja pengawas)TDK ada pewangi ruangan.

- proyektor tidak  dimanfaatkan oleh pak @Sanusi Ts

3

kamis,   September 2021

 

 

Agenda : belajar intensif

Waktu.  : 08.00 - 12.00

Tempat  : diLab fisika

Hadir : 15 peserta dan 3 pembina

 

Kendala :

- beberapa peserta foto TDK sesuai seragam

-  perpustakaan tidak buka, sehingga kurangnya buku referensi

- WiFi juga tdk tersedia ,sehingga fasilitas belajar kurang maksimal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang