NAMA ANGGOTA KELOMPOK
1.
2.
3.
4.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.7 Menjelaskan rasio trigonometri (sinus,
cosinus, tangen, cosecan, secan,dan cotangen) pada segitiga siku-siku
|
|
:
|
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio
trigonometri (sinus, cosinus,tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada
segitiga siku-siku
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Melalui eksperimen siswa mampu menyelesaikan masalah
yang berhubungan dengan perbandingan trigonometri untuk menentukan tinggi
benda secara demokratis dan teliti dengan bantuan media (klinometer).
|
PEMBUATAN KLINOMETER DAN APLIKASI
TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN KLINOMETER
Selesaikan Pertanyaan Berikut Secara
Berkelompok!
1.
Pengertian klinometer menurut pendapat
kelompok kalian adalah ………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Bagaimana cara pembuatan klinometer
dikelompok kalian ? …………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Penerapan senapan klinometer
Langkah-langkah
mengukur objek menggunakan senapan klinometer
a Amati puncak sebuah obyek yang tinggi
melalui sedotan/pipa
b Ukur sudut menggunakan busur derajat.
c Hitung tangent dari obyek ini.
d Hitung jarak Anda dari obyek.
e Gunakan pengukuran Anda untuk menghitung
tinggi obyek.
tuliskan hasil diskusi kelompok kalian dalam penerapan
senapan klinometer di bawah ini !!