Klinometer Sebagai
Aplikasi Dari Konsep Materi Rasio Trigonometri (Tangent)
Jenis alat peraga klinometer ini tidak secara langsung tampak
berkaitan dengan suatu konsep, tetapi ia dibentuk dari konsep matematika
tersebut. Jelasnya, klinometer tidak dimaksudkan
untuk memperagakan suatu konsep tetapi sebagai contoh penerapan atau aplikasi
suatu konsep matematika tersebut.
Pada
kelas x wajib k-13 semseter 2 terdapat
kompetensi dasar pada
3.7 Menjelaskan rasio
trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan,
dan cotangen) pada segitiga siku-siku
|
4.7 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan
rasio trigonometri (sinus, cosinus,
tangen, cosecan, secan, dan
cotangen) pada segitiga siku-siku
|
Sumber
: Permendikbud_Tahun2016_Nomor024_Lampiran_16 MTK wajib
Melalui
pembelajaran materi rasio trigonometri siswa memperoleh pengalaman belajar
dalam menerapkan aplikasi dari kd 3.7 tersebut, yaitu menunjukkan
kepada siswa mengenai penerapan konsep trigonometri untuk mengukur tinggi atau jarak
suatu objek.
Gambar 12. Klinometer
Alat yang dipakai:
- Peraga klinometer
- Meteran/kurvameter
- Meja (untuk meletakkan alat peraga klinometer)
Dengan bantuan peraga klinometer, kita dapat mengukur tinggi atau
jarak suatu benda di sekitar kita (misalnya tinggi pohon, tinggi gedung, lebar
sungai, dll). Klinometer sendiri berfungsi dalam membantu menentukan besarnya suatu
sudut elevasi.
Dalam menggunakan klinometer sebaiknya dilakukan oleh dua orang, satu
orang memegang dan membidik sasaran yang akan diukur dan satu orang yang lain
melakukan pengamatan dengan membaca sudut dan mencatat hasilnya.Ini juga untuk
melatih kerjasama.
Keterangan gambar:
= sudut elevasi
p = tinggi mata pengukur dari tanah (dalam hal ini berarti tinggi
meja)
x = Jarak pengukur dengan tiang bendera (objek)
y = tinggi objek dikurangi p
Sumber modul pengembangan keprofesian berkelanjutan
guru matematika SMA