Langsung ke konten utama

Soal soal simulasi ogn 2018

Contoh soal simulasi OGN 2018

1. 0,002% dari Rp. 10 milliar adalah…
    a. Rp. 20.000,00    c. Rp. 20.000.000,00 e. Rp.2.000.000.000,00
    b. Rp.200.000,00   d. Rp.200.000.000,00

Jawab : b. Rp. 200.000,00
Cara ® 2 x Rp. 10.000.000.000.,00 = Rp.200.000,00
100.000

2. Invers perkalian dari 2 1/3 adalah….
     a. -7/3      b. -2 1/3      c. -3/7      d. 3/7        e. 7/3

Jawab : d. 3/7

3. Bentuk pecahan dari 1,02222…. Adalah…..
     a. 45/2      b. 46/45        c. 47/45      d. 1 2/9       e.11/9

Jawab : b. 46/45

4. Nilai dari 2/5 x ( 2/3 + 1/6 ) adalah….
     a. 45/2      b. 1/6    c. 2/45    d. 1/3 e. 2/3
 
Jawab : 2/5 x (2/3 + 1/6 = 4 + 1 = 5/6 ) 2/5 x 5/6 = 10/30 = 1/3 = d. 1/3


5. Harga 1 dus disket Rp 30.000,0. Jika pembelian 1 dus disket mendapat potongan 10%, disket yang dapat dibeli dengan uang Rp. 405.000,00 adalah….
  a. 11 dus    b. 12 dus    c. 13 dus     d. 14 dus     e. 15 dus

Jawab : e. 15 dus.
Cara ® 1/100 x Rp 30.000,00 = 300 x 10 = 3000 diskon sebelumnya.
Rp. 30.000,00 – Rp. 3000,00 = Rp. 27.000,00
Rp. 405.000,00 = 15 dus.
Rp. 27.000,00

6. Harga beli dari sebuah barang adalah RP. 45.000,00. Jika untungnya 0,222…., maka harga    jualnya….
  a. Rp.94.000; b. Rp.10.000; c. Rp.55.000; d. Rp.57.500; e. Rp.65.000;

Jawab : c Rp. 55.000,00
Cara ® 0,2222 = 2/9
Keuntungan = 2/9 x Rp. 45.000,00 =Rp.10.000,00
Harga jual = Rp. 45.000,00 + Rp. 10.000,00 = Rp. 55.000,00
Maka harga jual = Rp. 55.000,00

7. Hasil dari 2¾ : ¼ x 5/11 = …
   a. 5    b. 55     c. 9/11      d. 5 7/11      e. 24 1/5

Jawab : a. 5
Cara ® 2¾ : ¼ x 5/11 = 11/4 x 4/1 = 11/1 x 5/11 = 55/11 = 5

8. Bentuk pecahan dari 2,6363636… adalah….
    a. 2 11/7 b. 29/11 c. 29/7 d. 25/7 e. 25/11

Jawab : b. 29/11

9. Sebuah ruangan berbentuk persegi panjang digambarkan skala 1 : 200 dengan panjang 2 cm dan lebar 3 cm. Luas ruang sebenarnya….
   a. 6cm2 b. 12cm2 c. 24cm2 d. 6m2 e. 24m2

Jawab : e. 24 m2
Cara ® 2cm x 200 = 400cm
3cm x 200 = 600cm
400cm x 600cm = 240.000cm = 24m2

10. Suatu gedung akan dibangun oleh 100 pekerja selama 60 minggu. Jika rencana penyelesaian dipercepat menjadi 50 minggu, maka banyaknya pekerja yang harus ditambah adalah…

 a. 20 orang b. 40 orang c. 80 orang d. 100 orang e. 120 orang
Jawab : a. 20 orang
Cara ® Pekerja Waktu
100 ® 60x ® 50
100/x = 50/60
x = 100 x 60 =120 orang.
50
*pekerja yang perlu ditambah = 120 – 100 = 20 orang.

11. Suatu gambar gedung berskala 1 : 500. Jika tanah tempat gedung tersebut berukuran 20 cm x 15 cm, maka luas tanah sebenarnya adalah…
a. 7.500cm2 b. 75.000cm2 c. 750m2 d. 7.500m2 e. 7.500m2

Jawab : d. 7.500m2
Cara ® 20 x 500 = 10.000
15 x 500 = 7.500
10.000 x 7.500 = 75.000.000 = 7.500m2.


12. Jarak kota A dengan kota B sebenarnya 120 km dan dilukis dengan jarak 12 cm, maka jarak kota A dan kota C sebenarnya jika dalam lukisan berjarak 15 cm adalah ………….
a. 80 km c. 100 km e. 150 km
b. 90 km d. 130 km
Jawab : e. 150 km
Cara A B = 120 km 12 cm
A C = 150 km 15 cm

13. Suatu peta berskala 1 : 2.500.000. jika jarak Surabaya – Yogyakarta 350 km, maka dalam jarak peta berjarak ……………
a. 12 cm c. 15 cm e. 21 cm
b. 14 cm d. 18 cm
Jawab : b. 14 cm
Cara 350 km = 35.000.000 : 2.500.000 = 14 cm

14. Suatu mobil berukuran 4m x 2m dilukis berukuran 10 cm x 5 cm, maka skala lukisan tersebut adalah ……………….
a. 1 : 400 c. 1 : 200 e. 1 : 20
b. 1 : 300 d. 1 : 40
Jawab : c. 1 : 200
Cara 4m x 2m 10 cm x 5 cm
2 : 1 2 : 1
Skala 1 : 2
m ke cm 100 : 1 : 200

15. Pak Heri membeli sepasang sepatu, setelah harganya dipotong 20 % ia membayar sepasang sepatu itu sebesar Rp. 48.000,00. Besarnya potongan harga sepatu Pak Heri adalah …………….
a. Rp. 9.600,00 d. Rp. 60.000,00
b. Rp. 12.000,00 e. Rp. 72.000,00
c. Rp. 15.000,00
Jawab : b. 12.000,00
Cara harga barang persentase
Sebelum diskon x 100%
Sesudah diskon Rp. 48.000,00 80 %
X = 100%
48.000 80 %
X = 48.000 x 100
80
= 60.000
Potongan harga = 60.000 – 48.000
= 12.000

16. Diketahui log2 = p, log3 = q, dan log5 = r, harga log 1500 jika dinyatakan dalam p, q, dan r, adalah …………….
a. p + q + r c. 2p + q + r e. 3p + q + 2r
b. p + 2q + 3r d. 2p + q + 3r

jawab : d. 2p + q + 3r
cara log 1500 (4 x 3 x 125)
log4 + log3 + log 125
log22 + log3 + log53 = log 1500
2p + q + 3r

Semoga bermanfaat!!!





Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang