Langsung ke konten utama

KEGIATAN VIRTUAL COORDINATOOR TRAINING (VCT) BATCH 9 UNTUK SISWA DI SMA TRI SUKSES NATAR

 Peningkatan kompetensi bakat siswa SMA Tri Sukses melalui virtual assisstance


Era revolusi industri 4.0 membawa dampak pada dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi digital dalam dalam proses pembelajaran, penyelesaian berbagai tugas, dan peningkatan kompetensi siswa , tak bisa lepas dari arus perkembangan informasi dan teknologi.


Menghadapi tantangan tersebut, guru sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan dituntut untuk siap berubah dan beradaptasi. Untuk itu, kami guru melalui kegiatan Virtual Coordinator Training memotivasi bakat siswa dalam kecakapan berbahasa dan critical thinking.

VCT (Virtual Coordinator Training) adalah training yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC.  SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) adalah salah satu dari 24 pusat yang berada di bawah naungan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) dan memiliki fokus bidang Pendidikan Terbuka Jarak Jauh (PTJJ).


Gambar 1. Brosur virtual coordinatoor training batch 9


Dengan mengikuti pelatihan ini, siswa akan dibimbing agar siap melaksanakan pembelajaran jarak jauh, baik sebagai host, moderator, maupun pemateri (presenter). Kegiatan ini merupakan pelatihan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan siswa dalam pembelajaran jarak jauh yang berbasis online.


Lantas, apa saja yang akan dipelajari di VCT? Beberapa materi yang di VCT diantaranya membuat QRcode, google form, flyer digital,link YouTube dan presensi online. Selain itu juga teknik menulis narasi kegiatan yang menarik, mengkreasi dan mengelola room zoom. Serta merekam dan mengupload kegiatan pelatihan pada chanel you tube.



Gambar 2. Aditya Irawan sebagai penanggung jawab Vct Lampung memberikan Pelatihan kepada siswa SMA tri sukses


Kegiatan pelatihan virtual coodinator training dilaksanakan pada tanggal 20 April -7 Mei 2021, Siswa SMA Tri Sukses terdaftar 20 siswa dalam pelatihan ini.


Banyak manfaat dari pelatihan virtual coordinator training untuk siswa diantaranya meningkatkan kecakapan bahasa Inggris  melalui virtual , memperoleh lingkungan baru untuk hal yang positif, peningkatan critical thinking siswa SMA tri sukses.


Gambar 3. Digital flayer 


Sebagai hasil akhir kegiatan pelatihan VCT, peserta/ siswa diharapkan mampu mengelola room online seperti zoom, gmite atau platform lain untuk menunjang proses pembelajaran dan kepentingan tugas  yang lain, mendapatkan wawasan, ilmu, dan pengetahuan baru dari peserta pelatihan yang lain, melalui kegiatan virtual training untuk siswa  mendapatkan sertifikat lulus dari SEAMEOLEC dengan bobot nilai 40JP. Serta mendapatkan kesempatan menjadi instruktur siswa pada pelatihan VCT selanjutnya.


Keseluruhan tugas itu kemudian dikumpulkan pada tahap akhirnya sebagai dasar untuk menerbitkan sertifikat. Siswa yang sudah lulus mendapatkan sertifikat, diharapkan terbiasa melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan sarana teknologi yang ada.


SMA tri sukses Memanfaatkan ruang-ruang virtual pelatihan pendidikan tersebut untuk meningkatkan  kreasi siswa,  inovasi pembelajaran dan peningkatan bakat siswa.


Majulah terus pendidikan Indonesia. Guru hebat, siswa hebat,  Indonesia hebat.


Penulis .

Ani Nurdiana

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang