Peningkatan kompetensi bakat siswa SMA Tri Sukses melalui virtual assisstance
Era revolusi industri 4.0 membawa dampak pada dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi digital dalam dalam proses pembelajaran, penyelesaian berbagai tugas, dan peningkatan kompetensi siswa , tak bisa lepas dari arus perkembangan informasi dan teknologi.
Menghadapi tantangan tersebut, guru sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan dituntut untuk siap berubah dan beradaptasi. Untuk itu, kami guru melalui kegiatan Virtual Coordinator Training memotivasi bakat siswa dalam kecakapan berbahasa dan critical thinking.
VCT (Virtual Coordinator Training) adalah training yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC. SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) adalah salah satu dari 24 pusat yang berada di bawah naungan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) dan memiliki fokus bidang Pendidikan Terbuka Jarak Jauh (PTJJ).
Gambar 1. Brosur virtual coordinatoor training batch 9
Dengan mengikuti pelatihan ini, siswa akan dibimbing agar siap melaksanakan pembelajaran jarak jauh, baik sebagai host, moderator, maupun pemateri (presenter). Kegiatan ini merupakan pelatihan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan siswa dalam pembelajaran jarak jauh yang berbasis online.
Lantas, apa saja yang akan dipelajari di VCT? Beberapa materi yang di VCT diantaranya membuat QRcode, google form, flyer digital,link YouTube dan presensi online. Selain itu juga teknik menulis narasi kegiatan yang menarik, mengkreasi dan mengelola room zoom. Serta merekam dan mengupload kegiatan pelatihan pada chanel you tube.
Gambar 2. Aditya Irawan sebagai penanggung jawab Vct Lampung memberikan Pelatihan kepada siswa SMA tri sukses
Kegiatan pelatihan virtual coodinator training dilaksanakan pada tanggal 20 April -7 Mei 2021, Siswa SMA Tri Sukses terdaftar 20 siswa dalam pelatihan ini.
Banyak manfaat dari pelatihan virtual coordinator training untuk siswa diantaranya meningkatkan kecakapan bahasa Inggris melalui virtual , memperoleh lingkungan baru untuk hal yang positif, peningkatan critical thinking siswa SMA tri sukses.
Gambar 3. Digital flayer
Sebagai hasil akhir kegiatan pelatihan VCT, peserta/ siswa diharapkan mampu mengelola room online seperti zoom, gmite atau platform lain untuk menunjang proses pembelajaran dan kepentingan tugas yang lain, mendapatkan wawasan, ilmu, dan pengetahuan baru dari peserta pelatihan yang lain, melalui kegiatan virtual training untuk siswa mendapatkan sertifikat lulus dari SEAMEOLEC dengan bobot nilai 40JP. Serta mendapatkan kesempatan menjadi instruktur siswa pada pelatihan VCT selanjutnya.
Keseluruhan tugas itu kemudian dikumpulkan pada tahap akhirnya sebagai dasar untuk menerbitkan sertifikat. Siswa yang sudah lulus mendapatkan sertifikat, diharapkan terbiasa melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan sarana teknologi yang ada.
SMA tri sukses Memanfaatkan ruang-ruang virtual pelatihan pendidikan tersebut untuk meningkatkan kreasi siswa, inovasi pembelajaran dan peningkatan bakat siswa.
Majulah terus pendidikan Indonesia. Guru hebat, siswa hebat, Indonesia hebat.
Penulis .
Ani Nurdiana