Langsung ke konten utama

kemampuan inisiatif dalam lingkungan pendidikan

 seberapa penting kah atau pengetahuan kemampuan inisiatif dalam dunia pendidikan? 

Tak bisa dimungkiri, kemampuan yang satu ini sangat penting dimiliki oleh setiap pendidik  ataupun orang-orang yang memilki paradigma pendidikan yang sejalan dengan kementerian pendidikan saat ini. 

pada program  guru penggerak para peserta calon guru praktik penggerak untuk mengetahui kemampuan inisiatif diri dilingkungan sekolah masing masing. 

dalam dunia pendidikan , seorang pimpinan menginginkan ide-ide serta hal-hal yang muncul dari rekan guru tanpa perlu diminta-minta terlebih dahulu.

Lalu, kira-kira apa pengertiannya? Seberapa penting kemampuan ini untuk diterapkan dalam dunia  pendidikan?

Menurut Youth Employment, kemampuan inisiatif adalah melakukan sesuatu atau bekerja tanpa harus diberi tahu terlebih dahulu apa yang harus dilakukan.

Secara sederhana, seseorang dengan kemampuan ini sudah pasti banyak akal,Dengan kemampuan ini, seseorang tidak akan pernah berhenti belajar dan terus berusaha untuk mengembangkan dirinya.

Ketika menunjukkan inisiatif di dalam pendidikan atau lingkungan sekolah, maka  akan memecahkan suatu masalah yang mungkin tidak terlalu diperhatikan orang lain, terus mencari ide-ide yang bagus, dan lain-lain , dalam catatan tetap dalam ruang lingkup sebagai pendidik. 

Pada dasarnya, kemampuan inisiatif juga termasuk ke dalam kemampuan manajemen diri atau self management.

Kemampuan ini sendiri dapat dikembangkan secara sendiri secara perlahan-lahan.

Dengan inisiatif, dipastikan produktivitas kerja akan meningkat dan kemungkinan besar orang-orang di lingkungan sekolah akan menyukai sosok kepribadianmu.

seperti dalam pembekalan guru praktik mengajar pada hari ke 2

rancangan implementasi piramida terbaik yang berisi Apa inisiatif praktik baik pendidikan yang akan saya lakukan?

- Apa inisiatif praktik baik pendidikan yang akan saya lakukan?

-Siapa yang akan terdampak dari praktik baik pendidikan ini?

-Mengapa Anda mengusulkan inisiatif ini?Mengapa orang-orang ini perlu terdampak?

- Bagaimana inisiatif pendidikan ini membantu murid mencapai tujuan belajarnya?

- Dimana inisiatif praktik baik ini akan dilaksanakan?

- Kapan inisiatif ini akan Anda mulai?





Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang