Langsung ke konten utama

SOAL DAN PEMBAHASAN DIMENSI 3 KELAS XII IPA

 

Soal Matematika Wajib Kelas XII

Jawablah Pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!

1.  Terdapat 3 virus covid-19 yang kita beri nama A,B dan C dalam suatu kotak berbentuk kubus. Jika virus tersebut berada di pojok sudut setiap kotak dengan jarak AB=BC dengan jarak satu meter, maka tentukan Jarak virus A ke C! ( Buat Ilustrasi dari permasalahan tersebut!

2.   Perhatikan ilustrasi gambar berikut!

Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk a. Jika titik P terletak pada perpanjangan FG sehingga QG = a, Tentukan PQ! 

3. Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 9 cm. Buat ilustrasi kubus tersebut dan tentukan jarak titik F ke bidang BEG, kemudian hitunglah jarak titik Fke bidang BEG!


 4.  Perhatikan Gambar berikut!

 


Diketahui Limas Segiempat Beraturan T.ABCD, jarak titik A ke TC adalah.... 


 5.    Sebuah kubus KLMN.OPQR memiliki panjang rusuk 6 cm. Perhatikan segitiga KMR, tentukanlah jarak titik N ke bidang KMR ( ilustrasikan permasalahn tersbut!)  

 

“inti dari matematika adalah tidak membuathal hal yang sederhana menjadi rumit, melainkan membuat hal hal yang rumit menjadi sederhana”

         ------------------------------------------ Good luck  -------------------------------------------

 

 

Jawaban

1.  soal ini menggunakan rumus Phytagoras.       






jarak AB=BC dengan jarak satu meter maka 

BC = 1 meter 

AB  = 1 meter 

AC = 1√2 meter 

     

  2. 


  3. 


 


 

 

 

 


4.       

.

 



4. Limas Segiempat Beraturan T.ABCD, dengan jarak AB =BC =CD =DA = 4 cm 

AT = 8 cm dan AC = 4 √2 

dan kita buat titik E di tengah garis TC sehingga 

alas.tinggi = alas.tinggi 

8 .AE = 4√2 .2√14

8 AE = 8√28

AE = √28

AE = 2√7 cm


5. 


 


Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang