Langsung ke konten utama

SOAL DAN PEMBAHASAN PERSAMAAN DASAR TRIGONOMETRI kelas xi ipa

 Matematika minat

SOAL 

Kerjakan dengan tepat dan benar!

1.   1.   Terdapat 3 anak , amin,budi dan iwan , berdiri dengan membentuk segitiga siku siku di tempat budi berdiri, diketahui jarak amin dan budi adalah 1.2m,  Sudut yang dibentuk oleh amiin budi dan amin iwan adalah 300 . jika jarak aman dari penyebarancovid 19 adalah minimal 1 meter, maka tentukan apakah jarak ketiga anak tersebut sudah termasuk aman atau belum, sertakan pula alasannya ( buat ilustrasi dari masalah tersebut! 

2.   2.  Tentukanlah nilai x yang memenuhi persamaan cos 2x = 1/2 dalam interval 0° < x ≤ 360 

3.   3.  Untuk 0° ≤ x ≤ 360° tentukan himpunan penyelesaian dari sin x = ½ 

4.     4 . Himpunan penyelesaian dari tan x = – √3 untuk 0  ≤ x ≤ 2π adalah. . .

5 5. Dalam selang [0,2π], tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan trigonometri cosx=cos2π/5

Pembahasan

1. ilustrasi gambar 



keterangan gambar , 

- 3 anak tersebut berdiri sebutan anak yaitu ,amin (A), iwan (B) dan budi (C)

- membentuk segitiga di tempat berdirinya budi yaitu C

- amiin budi adalah b dan amin iwan adalah c dengan sudut Aadalah  300    

 jarak amin dan budi adalah 1.2m maka jarak BC atau garis a adalah

 tan  300      = a/1,2 

a =  ½√3 .1,2

a= 1.039 meter 

garis AB atau c memiliki nilai lebih dari 1 meter maka  jarak ketiga anak tersebut sudah termasuk aman  karena lebih dari 1 meter  

2. cos 2x = 1/2

cos 2x = cos 60o
maka
2x = 60o + k.360o
x = 30o + k.180o
Untuk k = 0 maka x = 30o + (0)180o = 30o
Untuk k = 1 maka x = 30o + (1)180o = 210o
dan
2x = –60o + k.360o
x = –30o + k.180o
Untuk k = 1 maka x = –30o + (1)180o = 150o
Untuk k = 2 maka x = –30o + (2)180o = 330o
Jadi H = { 30o, 150o , 210o , 330o }


3Untuk harga awal, sudut yang nilai sin nya 1/2 adalah 30°.


Sehingga
sin x = 1/2
sin x = sin 30°

Dengan pola rumus yang pertama di atas:



(i) x = 30 + k ⋅ 360
k = 0 → x = 30 + 0 = 30 °
k = 1 → x = 30 + 360 = 390 °


(ii) x = (180 − 30) + k⋅360
   x = 120 + k⋅360            

x = 150 + k⋅360
k = 0 → x = 150 + 0 = 150 °
k = 1 → x = 150 + 360 = 510 °

HP = {30°, 150°}



4. 







penyelesaian dari tan x = – √3 untuk 0  ≤ x ≤ 2π adalah  2π/3 , 5π/3


5.   letak kesalahan pada pembahsan nomor 5  ada di x ke 2

Diketahui cosx=cos2π/5

X (1)= 2π/ 5 + k.2π

Untuk k=0, diperoleh x= 2π/5

Untuk k=0, diperoleh x= x>2π

 

x (2) = ( - 2π/5)+k2π

Untuk k=0,diperoleh x=–3π/5

Untuk k=1,diperoleh x=−2π/5+2π=8π/5


Jadi, himpunan penyelesaian persamaan trigonometri tersebut adalah {2π /5,8π /5}





Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang