Langsung ke konten utama

soal dan pembahasan persamaan trigonometri bentuk kuadrat matematika minat kelas xi (2)

 soal dan pembahasan persamaan trigonometri bentuk kuadrat ini lanjutan artikel sebelumny


1.Tentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri tan x

 + cot x = -2 dalam interval 0 ≤ x ≤ 360!

Penyelesaian

tan x + cot x = -2
tan x +  = -2
tan2 x + 1 = -2tan x
tan2 x + 2tan x + 1 = 0
(tan x + 1) = 0
tan x + 1 = 0
tan x = -1
tan x = 135
x =  135 + k × 180
k = 0 → x = 135 + 0 × 180 = 135
k = 1  → x = 135 + 1 × 180 = 315
Jadi, himpunan penyelesaianya adalah {135, 315}
 
2. Tentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri cos2x-cos x- 2 = 0 pada interval 0 ≤ x ≤ 360!

Penyelesaian
Misalkan cosx= a maka persamaanya dapat ditulis menjadi
a2 - a - 2 = 0
(a + 1)(a - 2) = 0
a = -1 atau a = 2

Jika p = -1, maka
cos x = -1
cosx = cos 180o
Untuk, x = 180o + k × 360o
k = 0 → x = 180o + 0 × 360o = 180o
Untuk, x = -1800o + k × 360o
k = 1 → x = -1800o+ 1 × 360o= 180o

Untuk  a = -2, maka tidak digunakan karena nilai sin/cos terbatas antara -1 sampai 1.
Jadi, penyelesaiannya adalah {180o}


3. Tentukan Tentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri 2 cos22x+2sin2x - 1 = 0 dalam interval 0 ≤ x ≤ 𝞹!

Penyelesaian

2cos 2x + 2sin x - 1 = 0
2cos 2x - (1 - 2sin x) = 0
2cos 2x - cos 2x = 0
cos 2x(2cos 2x - 1) = 0
cos 2x = 0 atau cos 2x = 
 = 0
 cos 2xo = cos 𝞹2

Untuk 2x = 𝞹2 + k × 2𝞹 atau x = 𝞹4 + k × 𝞹
k = 0 → x = 𝞹4 + 0 × 𝞹 = 𝞹4
k = 1  → x = 𝞹4 + 1 × 𝞹 = 5𝞹4
Untuk 2x = -𝞹2 + k × 2𝞹 atau x = -𝞹4 + k × 𝞹
k = 1 → x = -𝞹4 + 1 × 𝞹 = 3𝞹4
k = 2  → x = -𝞹4 + 2 × 𝞹 = 7𝞹4 


Jika cos 2xo = 12
 cos 2xo = cos 

Penyelesaian 1
Untuk 2x =  + k × 2𝞹 atau x =  + k × 𝞹
k = 0 → x =  + 0 × 𝞹 = 
k = 1  → x =  + 1 × 𝞹 =  (Tidak Memenuhi)

Penyelesaian 2
Untuk 2x = - + k × 2𝞹 atau x = -+ k × 𝞹
k = 1 → x = - + 1 × 𝞹 = 
k = 2  → x = - + 2 × 𝞹 =  (tidak digunakan lagi karena sudah diluar interval.

HP= { }


4. Tentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri tan x + cot x = -2 dalam interval 0 ≤ x ≤ 360o!

Penyelesaian

tan x + cot x = -2
tan x + 1tanx = -2
tan2 x+ 1 = -2tan x
tan2 x + 2tan x + 1 = 0
(tan x + 1)2  = 0
tan x+ 1 = 0
tan x= -1
tan x = 135o
x =  135o + k × 180o
k = 0 → x = 135 + 0 × 180 = 135o
k = 1  → x = 135 + 1 × 180 = 315o
Jadi, himpunan penyelesaianya adalah {135o, 315o}


5.Tentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri 4sin2x – 4sin x – 3 = 0  dalam interval 0 ≤ x ≤ 360o!
 
Penyelesaian

Dimisalkan Y= sin x
4Y2 – 4Y – 3 = 0
(2Y – 3)(2Y+1)=0
2Y- 3 =0 atau 2Y + 1 = 0
 y = 3/2  atau y = -1/2

Dikembalikan ke trigonometri
 y = 3/2  tidak ada, mengapa??
y = -1/2  ada

 sin x =-1/2 
sin x = 210o

x= 210o  + K.360o  
k= 0 ------> x= 210o  + 0.360o  
                          
                      =210

k= 1------> x= 210 + 1.360o  


x= (180-210o ) + K.360o  
x = -30  + K.360o  

k= 1------> x= -30  + 1360o  
                          
                      =330


Jadi Himpunan penyelesaiannya adalah {210o330o}



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang