Langsung ke konten utama

soal dan pembahasan persamaan trigonometri bentuk kuadrat matematika minat kelas xi (1)

 pada materi yang lalu kita membahas cara persamaan kuadrat dalam bentuk trigonometri , pada artikel ini kita latihan soal soal persamaan trigonometri bentuk kuadrat. sebelum kepembahsannya kalian lihat identitas trigonometri terlebih dahulu 

soal soal pembahasan  persamaan trigonometri bentuk kuadrat

1.  Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan 2 sin2 x + sin x = 0, untuk 0 < x < 360o.

Jawaban:
2 sin2 x + sin x = 0
sin x (2sin x + 1) = 0
sin x = 0  atau    2sin x + 1 = 0
Selanjutnya kita cari penyelesaian satu persatu.
(i) sin x = 0, diperoleh sin x = sin 0, sin 360o
     Dengan demikian diperoleh x = 0, 360o
(ii) 2sin x + 1 = 0
          2sin x  = -1
            sin x  = -1/2
            sin x  = sin 120o, sin 240o
     Dengan demikian diperoleh x =  120o, 240o

Jadi, nilai x yang memenuhi adalah x = 0, 120o, 240o, 360o


2. Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan 2 sin2 x + 3sin x + 1 = 0, untuk 0 < x < 360o.
Jawaban:
2 sin2 x + 3sin x + 1 = 0   Ingat bentuk identik dengan 2p2 + 3p + 1
Selanjutnya difaktorkan
Ingat : 2p2 + 3p + 1 = (2p + 1)(p + 1)
Dengan demikian bentuk trigonometri di atas dapat difaktorkan menjadi:
(2sin x + 1)(sin x + 1) = 0
2sin x + 1 = 0  atau    sin x + 1 = 0
Selanjutnya kita cari penyelesaian satu persatu.
(i) sin x + 1 = 0
         sin x  = -1
          sin x = sin 270o
     Dengan demikian diperoleh x = 270o
(ii) 2sin x + 1 = 0
          2sin x  = -1
            sin x  = -1/2
            sin x  = sin 120o, sin 240o
     Dengan demikian diperoleh x =  120o, 240o

Jadi, nilai x yang memenuhi persamaan 2 sin2 x + 3sin x + 1 = 0   adalah x = 120o, 240o, 270o


3. Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan 2 cos2 x + 7 cos x – 4 = 0, untuk 0 < x <360o.

Jawaban:
2 cos2 x + 7 cos x – 4 = 0   Ingat bentuk identik dengan 2p2 + 7p – 4 = 0
Selanjutnya difaktorkan
Ingat : 2p2 + 7p – 4 = (2p - 1)(p + 4)
Dengan demikian bentuk trigonometri di atas dapat difaktorkan menjadi:
(2cos x - 1)(cos x + 4) = 0
2cos x – 1 = 0  atau    cos x + 4 = 0
Selanjutnya kita cari penyelesaian satu persatu.
(i) 2cos x – 1 = 0
          2cos x  = 1
            cos x  = 1/2
             cos x = cos 60o, cos 300o
     Dengan demikian diperoleh x = 60o, 300o

(ii) cos x + 4 = 0
          cos x  = -4
      Tidak ada nilai x yang memenuhi.
Jadi, nilai x yang memenuhi persamaan 2 cos2 x + 7 cos x – 4 = 0 adalah x = 60o, 300o.


4.  Tentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri cos 2x - 3sin x - 1 = 0 dalam interval 0 ≤ x ≤ 360!

Jawaban:
cos 2x - 3sin x - 1 = 0
1 - 2sin x - 3sin x - 1 = 0
- 2sin x - 3sin xo= 0
- sin x (2sin x + 3) = 0
(tidak dilakukan pemisalan p, karena persamaan sudah sederhana)

-sin x = 0 atau  2sin x + 3 = 0
 sin x = 0            sin x = -32

Jika,(i)  
sin x = 0 maka sin x = 0

Untuk, x = 0 + k × 360
k = 0 → x = 0 + 0 × 360 = 0
k = 1  → x = 0 + 1 × 360 = 360

Untuk, x = (180 - 0) + k × 360
k = 0 → x =(180 - 0) + 0 × 360 = 180

Jika(ii) 
sin x = -32, persamaan tidak mempunyai penyelesaian karena sin x < -1
Jadi, himpunan penyelesaianya adalah {0, 180, 360}


5. Tentukan Tentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri 2cos
 2x + 2sin - 1 = 0 dalam interval 0 ≤ x ≤ 2𝞹!

Jawaban:
2cos 2x + 2sin x - 1 = 0
2cos 2x - (1 - 2sin x) = 0
2cos 2x - cos 2x = 0
cos 2x(2cos 2x - 1) = 0
cos 2x = 0 atau 2cos 2x - 1 = 0

(i) Jika cos 2x = 0 maka cos 2x = 𝞹/2

Untuk 2x = 𝞹/2 + k × 2𝞹 atau x = 𝞹/4 + k × 𝞹
k = 0 → x = 𝞹/4 + 0 × 2𝞹 = 𝞹/4
k = 1  → x = 𝞹/4 + 1 × 𝞹 = 5𝞹/4

Untuk 2x = -𝞹/2 + k × 2𝞹 atau x = -𝞹/4 + k × 𝞹
k = 1 → x = -𝞹/4 + 1 × 𝞹 = 3𝞹/4
k = 2  → x = -𝞹/4 + 2 × 𝞹 = 7𝞹/4

(ii )Jika cos 2x = 1/2 maka cos 2x = 𝞹/3
Untuk 2x = 
𝞹/3 + k × 2/𝞹 atau x = 𝞹/6 + k × 𝞹
k = 0 → x = 𝞹/6+ 0 × 𝞹 = 𝞹/6
k = 1  → x = 𝞹/6 + 1 × 𝞹 = 7𝞹/6
Untuk 2x = -𝞹/3 + k × 2𝞹 atau x = -𝞹/6 + k × 𝞹
k = 1 → x = -𝞹/+ k × 𝞹 = 5𝞹/6
k = 2  → x = -
𝞹/6 + 2 × 𝞹 = 11𝞹/6
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah {𝞹/43𝞹/45𝞹/67𝞹/65𝞹/47𝞹/411𝞹/6}

soal dan pembahasan berikutnya ada di artikel selanjutnya 

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak

  Kumpulan pantun pengajar praktik /guru penggerak angkatan 3 tahun 2021 Pergi ke pasar membeli itik Pulangnya membeli mangga Disini tempat pengajar praktik tempat orang hebat semua... Makan coklat di tepi pantai Tapi sayang bau terasi Kegiatan diklat telah usai Saatnya untuk beraksi Muncul virus dari Wuhan Jangan lupa menjaga kesehatan Empat hari kita berteman Tapi sayang belum berjabat tangan Nanam tomat di tanah miring Ke ladang bawa piring tetap hebat pembelajaran daring Walau pinggang jadi miring Pak tani menanam tomat Lahannya tanah miring Bapak/Ibu  tetap HEBAT Walau pembekalannya via DARING Ikan tenggiri bahan untuk buat tekwan. Makanan wong Palembang. Memang penjelasan Bu Dewi lembut dan menawan. Pasti kami akan ingat dan terkenang. Jika tuan Guru hendak silat berdebat Mari mencari ikan tapah ke Sungai Pawan Halo Ibu/Bapak Guru CPP GP yang sungguh hebat Mari kita sukseskan program GP ini demi Transformasi pendidikan. buah durian enak dimakan ditema

Polinomial metode substitusi dan metode Horner

Mencari Nilai Suku Banyak Menggunakan Metode Dan Metode Horner   Haii.. swmangat pagi Topik kali ini adalaahhhh…. tentang polinominal. Polinominal atau suku banyak memiliki berbagai macam metode dalam proses pencarian hasil dan sisanya. Dan 2 metode yang ada di polinominal adalah metode subtitusi dan metode Horner yang mana akan saya bahas kali ini. Pasti kalian akan merasa mudah dengan salah satu metode yaitu metode subtitusi.  Coba deh contoh soal dibawah ini...  selalu ada beberapa cara dalam menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai polinominal. Polinomial metode substitusi dan Horner Metode Substitusi Persamaan suku banyak f(x) mempunyai bentuk yang umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nilai suku banyak pada titik x = k bisa diperoleh dengan mengganti nilai x dengan k lalu menghitungnya dengan cara aljabar yang biasa misalkan nilai polinomial dari  f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x=-7.   Maka f(x)=6x³ + 43x² + 5x – 13   f(

Penerapan Pola Pikir Bertumbuh pada Kurikulum Merdeka

 Penerapan pola pikir bertumbuh dalam asesmen diharapkan membangun kesadaran bahwa proses pencapaian tujuan pembelajaran, lebih penting dari pada sebatas hasil akhir. kita sebagai pendidik diharapkan mampu menerapkan ide penerapan pola pikir bertumbuh, Ide-Ide Penerapan Pola Pikir  Bertumbuh (Growth Mindset) Pola pikir bertumbuh (growth mindset) digagas oleh Carol S. Dweck dari Stanford University. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan. Sementara seseorang yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bersifat tetap, tidak bisa berubah. berikut uraian ide penerapan pola pikir bertumbuh a. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak peserta didik. b. Belajar bukan tentang kecepatan, tetapi tentang