pada artikel kali ini saya ingin berbagi untuk persiapan rencana pembelajaran untuk guru matematika kelas x jenjang SMA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Tri Sukses
Mata pelajaran : Matematika
(Umum)
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak
Bentuk
linear satu variabel
Alokasi Waktu : 16 ×
45 menit (4 JP)
A. Kompetensi
Inti, Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KI SPIRITUAL (KI 1) DAN KI SOSIAL
(KI 2) |
|
Kompetensi Sikap Spiritual yang
ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik, yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya. Sedangkan pada Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku
jujur, disiplin, tanggung
jawab, kerjasama, responsive (kritis),pro-aktif (kreatif) dan percaya diri, serta dapat
berkomunikasi dengan baik. |
|
KI PENGETAHUAN (KI 3) |
KI KETERAMPILAN (KI 4) |
KI3: Kompetensi
Pengetahuan, yaitu memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah |
KI4: Kompetensi
Keterampilan, yaitu Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
KOMPETENSI DASAR DARI KI 3 |
KOMPETENSI DASAR DARI KI 4 |
3.1
Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari
bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear
Aljabar lainnya. |
4.1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) DARI KD 3.1 |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) DARI KD 4.1 |
3.1.1
Menjelaskan definisi nilai mutlak 3.1.2
Menjelaskan
konsep persamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel 3.1.3
Menjelaskan konsep pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel 3.1.4
Membedakan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
dari bentuk linear satu variabel 3.1.5
Menjelaskan tahapan menggambar sketsa
grafik persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel 3.1.6
Menjelaskan tahapan membuat garis bilangan pertidaksamaan nilai
mutlak dari bentuk linear satu variabel 3.1.7
Menjelaskan hubungan antara bentuk 3.1.8
Menjelaskan sifat-sifat dari pertidaksamaan nilai
mutlak bentuk linaer satu variabel 3.1.9
Menjelaskan strategi/tahapan
penyelesain persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel 3.1.10 Menjelaskanstrategi/tahapan
penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel 3.1.11 Menjelaskan strategi/tahapan
penyelesain persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu
variabeldengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar
lainnya. 3.1.12 Menjelaskan
strategi/tahapan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear
satu variabel dengan
persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya. |
4.1.1
Menunjukkan
variabel dari permasalahan berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
dari permasalahan 4.1.2
Membuat
model matematika dari permasalahan berkaitan dengan persamaan
atau pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel 4.1.3
Merumuskan
penyelesaian persamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variabel dengan persamaan linear aljabar lainnya 4.1.4
Merumuskan
penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
dengan pertidaksamaan linear aljabar lainnya 4.1.5
Membuat sketsa grafik persamaan nilai mutlak berdasarkan masalah 4.1.6
Menggambar daerah penyelesaian pertidaksamaan nilai
mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan pertidaksamaan bentuk linear
aljabar lainnya 4.1.7
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel 4.1.8
Menyelesaikan masalahyang berkaitan dengan pertidaksamaan nilai
mutlak dari bentuk linear satu variabel 4.1.9
Membuat contoh permasalahan dan penyelesaiannya berkaitan dengan
persamaan atau pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel |
B. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran
menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan
saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca)
permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan
kelas,peserta didik dapat mengintepretasi persamaan
dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan
persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar.
Selain itu, peserta
didik dapat menyelesaikan masalah tentang persamaan dan pertidaksamaan nilai
mutlak dari bentuk linear satu variabel
lainnya, dengan
rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin
selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri danpantang
menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir
kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama
dengan baik.
C. Materi
Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak dari Bentuk Linear Satu
Variabel dengan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Aljabar Lainnya.
1.
Konsep Nilai Mutlak;
2.
Persamaan Nilai Mutlak Bentuk Linear Satu Variabeldengan Persamaan dan
Pertidaksamaan Linear Aljabar Lainnya;
3.
Pertidaksamaan Nilai Mutlak dari Bentuk Linear Satu Variabel
dengan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Aljabar Lainnya.
D. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Metode : mind mapping, teknik ATM
(Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
Model : discovery learning
E. Media/Alat
Media/Alat : Lembar
Kerja, Penggaris, Papan Tulis/White Board, LCD
F. Sumber Belajar :
1. Buku Matematika (Umum) Kelas X, Kementerian dan Kebudayaan Tahun 2016.
2. Buku
Matematika (Wajib) Kelas X, Karangan: Sukino, Penerbit Erlangga Tahun 2016.
3. Internet.
G. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45
menit ) |
Waktu |
||||||
Pendahuluan Ø Memberi salam, berdoa’ dan membaca Al’Qur’an (ODOJ) selama
15 menit untuk kelas yang masuk di jam pertama; Ø Mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan (mengecek kehadiran
peserta didik); Ø Mendiskusikan kompetensi yang sudah
dipelajari dan dikembangkan sebelumnya
berkaitan dengan materi persamaaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel. Melalui
tanya jawab membahas kembali tentang berbagai
persamaan dan pertidaksamaan, khususnya persamaan maupun pertidaksamaan
linear satu variabel; Ø Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan persamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
dalam kehidupan sehari-hari; Ø Menyampaikan
garis besar cakupan materi persamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variabeldengan persamaan dan pertidaksamaan linear aljabar
lainnya, dan kegiatan yang akan dilakukan; Ø Menyampaikan
metode pembelajaran dan
teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi persamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
dengan persamaan dan pertidaksamaan linear aljabar lainnya. Ø Membagi peserta didik menjadi 8 Kelompok (dengan setiap
anggota kelompok berjumlah 4 - 5 orang). |
30 menit |
||||||
Kegiatan Inti
|
120 menit |
||||||
Penutup Ø Memfasilitasi peserta didik dalam merumuskan kesimpulan
sementara tentang konsep persamaannilai
mutlak berdasarkan
hasil diskusi, melalui reviu
indikator yang hendak dicapai pada hari itu. Ø Meminta beberapa peserta didik untuk mengungkapkan
manfaat mengetahui konsep nilai mutlak berdasarkan persamaan nilai mutlak dari bentuk lineardalam kehidupan sehari-hari maupun permasalahan matematika. Ø
Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk melanjutkan
mencari informasi dari berbagai sumber (buku maupun internet) agar
dipertemuan berikutnyadapat menuliskan hasil diskusi di kertas karton sebagai
bahan presentsi. Peserta didik pun diingatkan untuk mempersiapkan diri
menghadapi tes/ evaluasi akhir setelah sesi persentasi. Ø
Memberi salam. |
30 menit |
2.
Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit ) |
Waktu |
||||||
Pendahuluan Ø Memberi salam, berdoa’ dan membaca Al’Qur’an
(ODOJ)selama 15 menit untuk kelas yang masuk di jam pertama; Ø Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
(mengecek kehadiran peserta didik); Ø
Melalui
tanya jawab membahas kembali materi di pertemuan sebelumnya tentang
konsep nilai mutlak; Ø Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
berkaitan dengan persamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel dalam
kehidupan sehari-hari; Ø
Menyampaikan garis
besar cakupan materi persamaan nilai mutlak bentuk linear satu variable dengan persamaan, dan
kegiatan yang akan dilakukan; Ø
Meminta peserta didik
untuk berkumpul
kembali bersama kelompoknya |
30 menit |
||||||
Kegiatan Inti
|
120 menit |
||||||
Penutup Ø
Memfasilitasi dalam merumuskan kesimpulan
tentang konsep persamaannilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan
persamaan dan pertidaksamaan linear aljabar lainnya, melalui reviu indikator
yang hendak dicapai pada hari itu. Ø
Meminta beberapa peserta didik untuk
mengungkapkan manfaat mengetahui konsep nilai mutlak danpersamaan nilai
mutlak dari bentuk lineardengan persamaan/ pertidaksamaan linear aljabar
lainnya dalam kehidupan sehari-hari maupun permasalahan matematika. Ø
Memberikan tugas kepada peserta didik (PR),
dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas
dipertemuan berikutnya. Ø
Melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat
ketercapaian indikator. Ø
Memberi salam. |
30 menit |
3.
Pertemuan Ke-3 ( 4 x 45 menit ) |
Waktu |
||||||||||||
Pendahuluan Ø
Memberi salam, berdoa’ dan membaca Al’Qur’an (ODOJ) selama 15 menit untuk
kelas yang masuk di jam pertama; Ø
Mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dan mengecek kehadiran
peserta didik; Ø
Membahas
PR; Ø
Mengingatkan kembali tentang materi yang telah dibahas dipertemuan
sebelumnya yaitu tentang persamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
dengan persamaan dan pertidaksamaan linear aljabar lainnya; Ø
Menyampaikan garis besar cakupan materi pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
dengan persamaan dan pertidaksamaan linear aljabar lainnya, dan
kegiatan yang akan dilakukan (lanjutan dari
pertemuan sebelumnya); dan |
30 menit |
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
120 menit |
||||||||||||
Penutup Ø Memfasilitasi dalam membuat kesimpulan tentang konsep
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk
linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear aljabar
lainnya,dan penerapannya dalam permasalahan
kontekstual dari pembelajaran yang
dilakukan melalui reviu indikator yang hendak dicapai pada hari itu. Ø Beberapa peserta didik untuk mengungkapkan
manfaat mengetahui konsep pertidaksamaan nilai
mutlak bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear
aljabar lainnya. Ø Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari
materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya maupun persiapan menghadapi tes/evaluasi
akhir. Ø Melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian
indikator. Ø Memberi salam. |
30 menit |
4.
Pertemuan Ke-4 ( 4 x 45 menit ) |
Waktu |
||
Pendahuluan Ø
Memberi salam, berdoa’
dan membaca Al’Qur’an (ODOJ) selama 15 menit untuk kelas yang masuk di jam
pertama; Ø
Mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan; Ø
Membahas PR; Ø
Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dalam tes akhir, dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel dan bentuk yang
lain; Ø
Menyampaikan
teknik penilaian yang akan digunakan di
evaluasi akhir untuk satu pokok bahasan tentang persamaan dan pertidaksamaan
nilai mutlak bentuk linear satu variabel dan bentuk yang lain. |
45 menit |
||
Kegiatan Inti
|
120 menit |
||
Penutup (15 menit) Ø Bersama
dengan guru membahas soal evaluasi, untuk melihat ketercapaian kompetensi
berdasarkan materi yang telah dipelajari. Ø Memberikan tugas kepada peserta didik, dan mengingatkan
peserta didik untuk belajar kembali terutama bagi yang harus mengikuti
pembelajaran remedial. Ø Memberi salam. |
15 menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a) Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
b)
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c)
Penilaian Keterampilan : Unjuk
Kerja/ Praktik dan Proyek
2.
Bentuk Penilaian :
1. Observasi : lembar
pengamatan aktivitas peserta didik
2. Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
3. Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi
4. Proyek : lembar tugas proyek dan pedoman penilaian
3.
Instrumen Penilaian
(terlampir)
4.
Remedial
-
Pembelajaran
remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
-
Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
-
Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
5. Pengayaan
-
Bagi
siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
Ø
Siwa
yang mencapai nilai
Ø
Siwa
yang mencapai nilai
Natar,
17 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Tri Sukses Guru Mata Pelajaran
H.Ahmad Muslih, M.Pd.I Ani Nurdiana, S.Pd